Oprasi Lilin Kapuas 2018, Polres Melawi Gelar Latihan Pra Oprasi



Melawi zonatengah.com - Polres Melawi, Kepolisian Resor Melawi melaksanakan Latihan Pra Operasi guna meningkatkan dan memantapkan kembali kinerja anggota dalam pelaksanaan tugas selama “Operasi Lilin Kapuas 2018”, Jumat (21/12/2018). 

Latihan Pra Operasi dengan sandi "LILIN KAPUAS 2018 ini, dalam rangka Pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Wilayah Hukum Polres Melawi. Kegiatan Lat Pr Ops yang dilaksanakan di Aula Tribrata Mapolres Melawi, dipimpin oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si diwakili oleh Wakapolres Kompol Jajang, S. Kom didampingi Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) AKP Sofyan. Dalam kesempatan tersebut Wakapolres Melawi mengingatkan agar para personil yang terlibat dalam pengamanan terutama para Kasub Satgas memahami betul situasi dan kondisi diwilayah tugasnya masing - masing.

Agar pelayanan terhadap masyarakat yang menjalankan dan merayakan Ibadah Natal dan Tahun Baru, dapat dengan tenang dan nyaman menjalankan Ibadahnya. "Lakukan pelayanan dan pengamanan dengan baik dan benar kepada masyarakat, namun jangan lupa juga untuk menjaga keselamatan diri. Laksanakan tugas dengan tidak mengesampingkan SOP," pesannya. Lanjutnya, kepada seluruh anggotanya agar melaksanakan pengamanan dengan maksimal dan optimal. "Laksanakan tugas dengan hati yang ikhlas dan sesuai SOP, tetap semangat serta selalu pasang mata dan telinga," ujarnya. 

 “Dengan anggaran yang terbatas Operasi kemanusiaan ini harus kita jalankan dengan iklas dan sambil ibadah”, tandasnya. Wakapolres Melawi menambahkan saat merayakan moment tahun baru seluruh anggota yang melaksanakan Pam Jalan Raya sampai pukul 01.00 wib sudah ditarik ke Pos Lantas untuk melaksanakan stanbay, karena klw sampai jam 3 atau jam 4 sudah di luar batas kemampuan pengamanan dari anggota Polres Melawi, karena besoknya akan melaksanakan kegiatan pengamanan objek wisata dan objek vital, katanya. 

 Pamtup akan selalu stanbay sedangkan yang berpakaian dinas ditarik ke Pos Lantas, dalam dasarnya tetap bersiaga, tegasnya. Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Ops AKP Sofyan mengatakan “Operasi Lilin Kapuas 2018 ini, adalah operasi terpusat serentak dilaksanakan seluruh Indonesia. 

"Operasi Lilin 2018 terfokus untuk menjaga perayaan Natal 2018 dan tahun baru 2019. Operasi tersebut akan dimulai 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019," jelasnya. Dia juga menjelaskan, kegiatan latihan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada seluruh personel Polres Melawi yang terlibat dalam Operasi Lilin Kapuas - 2018 yang meliputi tindakan-tindakan apa yang akan dilakukan.

"Pada saat pengamanan gereja, mensiasati arus lalu lintas yang diperkirakan akan mengalami kemacetan. Bagaimana strategi evakuasi, sterilisasi, pengecekan jemaat gereja, demi kelancaran masyarakat yang sedang melaksanakan Perayaan Natal 2018," terangnya.

Narasumber dalam kegiatan tersebut selain Kabag Ops yaitu Kabag Ren Kompol Asdin Tamba, Kasat Intel AKP Ratono, S. Pd, Kasat Lantas AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P, Kasat Reskrim AKP Samsul Bakri, S.H, Kasat Sabhara AKP Nono Partoyuwono dan Kasat Tahti Iptu Sungari. Dalam rangka pengamanan Natal 2018 dan tahun baru 2019 mendatang, demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan akar utama untuk mensukseskan Pemilu 2019 di Kabupaten Melawi.

Sumber : meldanewsonline.com

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *