HEADLINE NEWS


Kategori

Tingginya Curah Hujan Menyebabkan Salah Satu Sekolah Di Kecamatan Nanga Tergenang Air


Melawi, Zonatengah.com - Tinginya curah hujan di Kabupaten Melawi dalam beberapa hari terakhir ini dan menyebabkan meluapnya debit secara drastis sehingga salah satu sekolah di Kecamatan Nanga Pinoh terenang air, salah satunya yaitu SMK N 1 Nanga Pinoh.

Menananggapi hal tersebut Kepala Sekolah SMK N 1 Nanga Pinoh Yuce Alpiokta, S.Pd., M.Si mengatakan hampir setiap kali musim hujan tiba sekolah tersebut tergenang air, bahkan saat hari-hari efektif membuat aktivitas belajar mengajar sedikit terganggu. "Kalau hujan pasti di sini pasti banjir", Tuturnya.

Dirinya juga mengatakan halaman sekolahan yang tergenang lantaran saluran air di sekeliling sekolah tak mampu menampung limpasan air hujan. Selain volume curah hujan cukup tinggi drainase yang ada tersumbat dan tidak mampu menampung air, genangan air itu terjadi lantaran bangunan sekolah yang sangat rendah, sehingga sekolah itu menjadi langganan banjir.

"Luapan air hujan dari sekitar mengalir masuk ke selokan. sehingga air tidak bisa mengalir hingga menggenangi halaman sekolah, apalagi kondisi lapangan sekolah sangat rendah," ujarnya.

Yuce Alpiokta menjelaskan, kondisi sekolah yang kerap tergenang air sudah dilaporkan pihaknya kepada dinas terkait agar dapat dilakukan penimbunan. Pihaknya juga sudah melakukan kordinasi dengan pihak komite.

"Harapan kami bisa dibuatkan drainase yang memadai, agar saluran air berjalan lancar, dan genangan air tidak mengalir lagi kesekolah," Kata Yuce Alpiokta, dengan penuh harapannya.

Salah seorang warga yang tidak mau di sebutkan namanya rumahnya berdekatan dengan sekolah tersebut membenarkan adanya banjir jika turun hujan. Warga juga menyampaikan kepada awak media tergenangnya air akibat saluran drenasi sumbat sehingga tidak mampu menampung debit air. 

Hal ini perlu perhatian serius dari pemerintah daerah setempat terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Melawi. Ujarnya.

Penulis : Jumain/Jhon
Editor : Andi Suriyadi
Publis : Andi Suriyadi

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *