HEADLINE NEWS


Kategori

Meramaikan Pagelaran Seni, Etnis Batak Tampilkan Tarian Tortor


PONTIANAK. Upaya Ikut memeriahkan Pagelaran Seni Multi Etnis yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, yang merupakan rangkaian Peringatan HUT Kota Pontianak yang ke 248, Sanggar Budaya Kerabat menampilkan Tarian Tortor gabungan lima puak etnis Batak, Yaitu Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pak Pak, Batak Mandailing dan Batak Toba.

Kepada Media ini Martin Pangabean, pelatih Sanggar Kerabat menuturkan, bahwa Tortor adalah seni budaya asli Batak yang setiap gerakannya mempunyai arti. Tortor dibawakan oleh kaum muda-mudi, yang menggambarkan keceriaan muda-mudi itu sendiri. Secara filosofi, Tortor merupakan tarian penyembahan untuk menghormati orang lain, saudara yang lain dan para pemimpin. 

“Jadi yang muda menghormati yang tua” Jelas Martin.

Sebagai warga Pontianak, Martin menegaskan bahwa pihaknya merasa perlu ikut berpartisipasi memeriahkan Pagelaran Seni Multi Etnis ini, yang merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kota Pontianak. Martin berharap, kegiatan ini, bisa menambah keakraban semua etnis yang ada di Kota Pontianak.

“Sekalian kita menampilkan seni budaya kita masing-masing, termasuk seni budaya Batak ini,” ungkapnya.

Di tempat yg sama Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak Rendrayani, kepada Media ini menjelaskan bahwa Pagelaran Seni Multi Etnis diselenggarakan dengan tujuan untuk merangkul semua komunitas adat yang ada di Kota Pontianak, dari 22 Etnis yang ada, 17 etnis ikut berpartisipasi memeriahkan Pagelaran yang diselenggarakan mulai 20-21 September 2019.

Selain pagelaran Seni, ada juga Festival Internasional Dragon Boat yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Pontianak dan juga Festival Kapuas yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya. Semua kegiatan ini merupakan rangkaian Peringatan HUT Kota Pontianak yang ke 248 dan Titik Kulminasi. (Kun)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *