Bupati Sintang dr. Jarot Winarno memberikan motivasi kepada 250 pelajar SDN 1 Sintang, SDN 5 Sintang dan SDN 8 Sintang yang mengikuti kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional Tahun 2018 di Halaman SDN 5 Sintang pada Sabtu, 29 September 2018. Saat melihat dan menyaksikan aksi gosok gigi para pelajar SD tersebut, seorang dokter yang menjadi Bupati Sintang tersebut langsung menunjukan cara gosok gigi yang baik dan benar sambil berkeliling memperhatikan cara gosok gigi yang sedang dipraktekan anak-anak. “saya minta anak-anak kalau habis sarapan harus gosok gigi baru berangkat ke sekolah. Gigi saya juga sudah rusak karena banyak mengkonsumsi gula dan jarang gosok gigi. Maka anak-anak harus rajin gosok gigi dan hindari makan permen. Supaya giginya tetap sehat” pesan Bupati Sintang. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harisinto Linoh menyampaikan bahwa kita harus melindungi gigi dari bahaya gula. “kita harus memberikan pemahaman kepada anak-anak akan bahaya gula bagi kesehatan gigi. Kalau memang suka permen, maka habis makan permen harus sikat gigi” kata dr. Harisinto Linoh dihadapan anak-anak SD. Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kapuas Raya drg. Ridwan Pane menjelaskan bahwa para dokter gigi yang ada di lima kabupaten sepakat untuk memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional Tahun 2018 untuk melaksanakan secara serentak melaksanakan kegiatan seperti yang dilakukan hari ini. “bahkan aksi gosok gigi dan penyuluhan ini dilaksanakan di seluruh Indonesia. Dalam aksi penyuluhan dan gosok gigi ini kami melibatkan 250 pelajar yang terdiri dari 150 pelajar SDN 5 Sintang, 50 pelajar dari SDN 1 Sintang dan 50 pelajar dari SDN 8 Sintang. Selain aksi gosok gigi dan penyuluhan, kami juga menggelar kegiatan pemeriksaan gigi untuk 80 orang anak. Dalam pemeriksaan gigi tersebut, kami juga didukung oleh Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia. Jika hasil pemeriksaan ada celah dan gigi yang berlubang, maka kami akan langsung memberikan terapi kepada anak-anak tersebut. Pada saat penyuluhan, kami memfokuskan pada upaya memberikan pemahaman akan bahaya konsumsi zat gula tersembunyi terhadap kerusakan gigi” terang drg. Ridwan Pane

SINTANG. Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.PH menghadiri acara pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) cabang Sintang tahun 2018 di Aula SMKN 1 Sintang, Sabtu (29/9/2018) malam. “saya bangga dengan PSHT ini karna dalam jumlah keanggotaannya yang mencapai ribuan orang telah menunjukkan organisasi ini merangkul semua elemen masyarakat tanpa membedakan ras, suku dan agama,” kata dr. Jarot disambut riuh para hadirin yang hadir.

 “saya juga senang sekali karna yang dalam persaudaraan ini yang diolah raganya, yang dilatih adalah jiwanya, mental sehingga menjadikan para warganya memiliki budi yang luhur,” tambahnya. Bupati Sintang mengingatkan bahwa PSHT merupakan suatu modal social yang besar di Sintang. Beliau menyarankan kepada pengurus PSHT Sintang untuk mulai memikirkan aspek pemberdayaan bidang ekonomi dikalangan warga PSHT. “ya, mbok PSHT yang besar ini, juga menjadi gerakan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu,” kata dr. Jarot. 

“sehingga badannya sehat, jiwanya luhur, ekonomi kuat sehingga nanti prestasinya semakin jaya,” lanjutnya. Dalam aspek olahraga, Bupati SIntang menyampaikan harapannya agar para altet pencak silat dari PSHT Sintang dapat menyumbangkan emas di pecan olah raga provinsi bulan Oktober mendatang

. “saya harapkan 2 emas ya dari PSHT,” kata dr. Jarot. Pada kesempatan ini, dr. Jarot Winarno menerima baju dan sabuk dari ketua umum PSHT, M. Taufik. Pemberian seragam ini karena PSHT menganugerahkan ‘warga kehormatan’ kepada Bupati Sintang itu. Ketua panitia, Imam Hadi Mulyono mengatakan bahwa PSHT saat ini memiliki ribuan anggota yang lebih dikenal dengan istilah warga. Sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan, PSHT turut serta menggembleng anak muda melalui latihan pencak silat. 

 “seperti pada malam ini kita juga menyerahkan piagam penghargaan kepada beberapa atlit pencak silat kita yang ikut berlaga di kejuaraan tingkat Sintang dan di provinsi,” kata Imam. “warga baru yang kita sahkan bersama lewat acara ini, jumlahnya 247 orang,” ungkapnya. Para warga tersebut, berasal dari berbagai unsur masyarakat ada pelajar, umum, ASN dan TNI. PSHT Cabang Sintang juga tersebar di beberapa ranting di beberapa kecamatan. Pada kesempatan ini, warga baru yang termuda berusia 16 tahun dan yang tertua 54 tahun. Turut hadir pada acara tersebut, Ketua umum Persaudaran Satu Hati Terate, Dr. Ir. Muhammad taufik, SH,M.Sc., Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Dr. Hendrika. Komandan Kodim 1205 Sintang, Let.Kol. Inf. Rachmad Basuki serta beberapa perwakilan pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Sintang. 

Demikian siaran berita Humas Setda Sintang.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *