HEADLINE NEWS


Kategori

Wakapolres Buka Upacara Pembukaan Diklatsar Saka Bayangkara Kwarcab Melawi Angkatan Ke 13

Melawi – Saka Bhayangkara dibentuk pada tahun 1996 dan pada tahun tersebut masih bernama Pramuka KAMTIBMAS (Keamanan Ketertiban Masyarakat). Saka Bhayangkara adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 

 Tujuan dibentuk Saka bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader – kader bangsa yang memiliki akhlak dan moral pancasila guna ikut serta bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat melalui pendidikan kebhayangkaraan di dalam gerakan pramuka. Jumat (19/10) sekira pukul 15.30 wib Waka Polres Melawi Kompol Jajang, S. Kom membuka kegiatan upacara pembukaan perkemahan Diklatsar Saka bhayangkara. 

Kegiatan pembinaan saka bhayangkara melalui Perkemahan Diklatsar Saka Bhayangkara angkatan XIII Tahun 2018 dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 19 s.d 21 Oktober 2018 di bumi perkemahan lapangan sepak bola Dusun Tubung Desa Labang Kec. Belimbing Kab.Melawi, dengan jumlah peserta perkemahan sebanyak 174 orang yg terdiri dari 118 orng peserta, 45 orang Panitia serta pamong dan instruktur sebanyak 11 orang. Adapun jumlah peserta 118 terdiri dari putra 59 orang dan putri 59 orang yang berasal dari SMK N 1 Nanga Pinoh 11 orang, SMK N 1 Belimbing Hulu 23 orang, SMK N 1 Belimbing 10 orang, SMA N 1 Nanga Pinoh 13 orang, SMAN 2 Nanga Pinoh 6 orang, SMA Eklesia 21 orang, DMA N 1 Pinoh Selatan 5 orang, SMA N 1 Pinoh Utara 6 orang, SMK Binakusuma 1 orang, Madrasah Aliyah BMP Nanga Pinoh 11 orang, SMA Santa Maria 2 orng, SMA N 1 belimbing 10 orang. Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Waka Polres Melawi, Kasat Binmas Polres Melawi, Ka Kwarcab Pramuka Melawi, kepala desa labang, kadus tubung, pembina pramuka gudep, Pamong Saka Bhayangkara dan peserta serta panitia perkemahan Diklatsar Saka Bhayangkara.

 Waka Polres Melawi selaku pembina upacara pada amanat menyampaikan bahwa satuan karya bhayangkara adalah bagian yang tak terpisahkan dari gerakan pramuka, pada dasarnya mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter dan jiwa nasionalisme generasi muda harapan bangsa yg tujuannya adalah membentuk pribadi-pribadi yang bertanggungjawab dan berjiwa pancasila dengan didasari keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa, membentuk generasi muda yg dapat berperan aktif dalam masyarakat dan pembangunan bangsa serta terbenaa dari hal-hal yg negatif juga Narkoba, melatih anggota saka bhayangkara untuk mandiri, disiplin dan berkarya yg dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun dilingkungan masyarakat.

 Wakapolres melawi juga berpesan kepada peserta dan panitia agar selalu jaga kesehatan dan dengarkan arahan Pamong serta ikuti jadwal kegiatan dengan baik selama perkemahan. Tuturnya Saat ditemui di tenda Panitia Kasat Binmas AKP T.P Marbun Juga menyampaikan Sasaran dibentuknya saka bhayangkara adalah agar pra anggota Gerakan Pramuka yang telah mengikuti kegiatan kebhayangkaraan dapat Memiliki pengetahuan, kemampuan, kecakapan dan keterampilan serta pengalaman dalam kebhayangkaraan, memiliki sikap hidup yang tertib dan disiplin serta ketaatan terhadap peraturan hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, memiliki sikap kebiasaan dan perilaku yang tangguh sehingga mampu mencegah, menangkal serta menanggulangi timbulnya setiap gangguan Kamtibmas sesuai dengan kapsasitasnya sebagai Anggota Saka Bhayangkara, memiliki kepekaan dan kewaspadaan serta daya tangkal dan penyesuaian terhadap setiap perubahan maupun dinamika sosial dilingkungannya, mampu memberikan latihan tentang pengetahuan kebhayangkaraan kepada para anggota gerakan Pramuka di Gugus Depannya,memiliki pengetahuan tentang perundang – undangan Lalu Lintas, mampu menangani kecelakaan Lalu Lintas pada tingkat pertama dengan memberikan pertolongan pertama pada Gawat Dalurat dan pengaturan lalu lintas, mampu melakukan tindakan pertama terhadap kasus kejahatan tertangkap tangan yang terjadi dilingkungannya untuyk kemudian segera menyerahkannya kepada polri, mampu membatu polri dalam mengamankan TKP dan melaporkan kejadian tersebut serta bersedia menajdi saksi dan memahami dan mengaplikasikannya di lapangan setiap krida yang terdapat di dalam Saka Bhayangkara untuk membatu tugas polri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, tuturnya. 

 Penulis: Arbain
 Editor : Alfian / Nanang 
Publish :Andi Suryadi (red-zonatengah.com)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *