HEADLINE NEWS


Kategori

Akibat Bukit Matok Longsor, Akses Jalan Lintas Sintang-Melawi Terputus



Melawi, Zonatengah.com – Intensitas Hujan yang tinggi di Kabupaten Melawi daru tadi malam tepatnya di Kawasan Bukit matok Desa Pemuar Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi Kalimantan Barat mengalami longsor, Jumat (01/03/2019) dini hari. 



Dikabarkan bahwa bukit matok yang longsor menutupi ruas jalan, sehingga semua kendaraan roda dua dan empat stanbye di batu buil. Menurut informasi dari para penumpang bus bukit matok masih ada tanda-tanda akan terjadu longsor ulang, sebab masih kedengaran suara gemuruh di bukit tersebut.

Jalan yang terdampak longsor ini merupakan jalan provinsi yang menghubungkan kabupaten Sintang dengan Kabupaten Melawi.

Material tanah longsor menutupi jalan raya sehingga sejumlah kendaraan tidak dapat lewat, Selain kondisi jalan yang putus jaringan listrik di kawasan tersebut juga tumbang. 

Menurut beberapa sumber sebelum longsor terjadi terdengr suara gemuruh cukup keras di kawasan bukit, warga juga menyampaikan masih terdengar suara yang dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan di kawasan tersebut, apalagi hujan kembali turun, masih banyaknya titik yang terancam mengalami longsor kembali.

Warga berharap dengan adanya kejadian alam seperti ini semua pihak dapat dengan segera melakukan evakuasi siapa tahu ada korban di dalam timbunan longso r tersebut, pa ling tidak segera mengurai kemacetan di lapangan.

Longsoran tersebut telah membuat aktivitas masyarakat hari ini tergangu. Proses evakuasi ini setidaknya perlu waktu. Tapi tak menutup kemungkinan bisa sampai dua hari untuk buang material longsor. Yang diutamakan agar akses jalan terbuka dulu.

Berdasarkan pantauan wartawan Zonatengah.com, ada lima titik longsor sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer. Material longsor tidak hanya tanah, tapi juga bebatuan yang menutupi jalan utama mencapai ketinggian dua sampai tiga meter.

Proses membuka akses jalan ini terhambat karena area longsor sangat besar, Tampak beberapa alat berat berupa eksavator, gleder dan backhoe loader sudah dikerahkan.(Red)"

Reporter : Bagus Aprizal
Redaksi/Publis : Andi Suriyadi

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *