HEADLINE NEWS


Kategori

STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kembali Mewisudakan Sebanyak 297 Wisudawan dan Wisudawati Angkatan Ke IX Tahun Akademix 2018/2019


Sintang Zonatengah.com - Sebanyak 297 wisudawan/wisudawati angkatan ke IX STKIP Persada Kahtulistiwa Sintang Lulusan Pasca Sarjana S1 Ilmu Pendidikan. Wisuda  berlangsung di ruangan Auditorium Kampus STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Sabtu (30/03/2019), dan dihadiri Oleh Bupati Sintang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan di Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Drs. Syarifudin, MM, Anggota DPRD Sintang Welbertus, S.Sos, Gubernur Kalbar diwakili oleh Kepala Dinas Pengembangan Sumber Daya Manusia Kalimantan Barat, Ketua Perkumpulan Badan Pendidikan Karya Bangsa Kabupaten Sintang, Kepala L2DIKTI wilayah IX Kalimantan dan Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang serta Para jajaran pengurus STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Serta para tamu undangan dan Instansi terkait lainnya.

Dalam Kesempatan tersebut Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Drs. Rafael Suban Beding, M.Si mengatakan bahwa wisudawan dan wisudawati yang menggelar Wisuda terdiri dari lima Program Studi (Prodi) yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Studi Ekonomi, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasa (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Biologi. Rafael berharap dengan telah menempuh Pendidikan selama 4-5 tahun para wisudawan/wisudawati dapat segera turun kelapangan untuk menerapkan ilmu yang telah dimiliki, dan sebagai calon tenaga pendidik juga harus menguasai empat kompotensi yaitu kompotensi keperibadian, pedagogik, sosial dan profesional," kata Rafael.


Rafael juga menjelaskan bahwa selama ini Pemerintah menyimpan komitmen dengan dunia pendidikan, oleh sebab itu maka guru harus berkomitmen dalam menjalankan tugas secara profesional serta menguasai empat kompotensi tersebut. Apalagi Indeks Pembanggunan Sumber Daya Manusia di Kalimantan Barat saat ini masih rendah dan baru mencapai kelas 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dirinya sangat berharap agar para wisudawan/wisudawati lulusan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang mampu berkiprah di dunia pendidikan khususnya wilayah timur Kalimatan Barat sebagai calon Pemekaran Provinsi Kapuas Raya.

Rafael menambahkan bahwa sudah banyak wisudawan/wisudawati lulusan dari STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang sudah berhasil, bahkan pada seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 lalu, banyak alumni STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang di terima, bahkan dari 132 ikut tes mampu merebut satu posisi. Ia juga kembali mengingatkan para wisuwan/wisudawati yang baru saja menyelesaikan jenjang pendidikannya, dirinya menegaskan agar mereka dapat menjadi ujung tombak di dunia pendidikan dan untuk mendukung peningkatan Sumber daya Manusia di wilayah timur Kalimantan Barat yang merupakan cikal bakal pembentukan Provinsi Kapuas Raya, apalagi pada saat ini banyak sekali daerah-daerah yang kekurangan tenaga pendidik bahkan gedung sekolahnya ada tetapi gurunya tidak ada, dan ini adalah merupakan suatu peluang bagi mereka, untuk menerapkan Ilmunya baik sebagai tenaga honor maupun kontrak," jelas Rafael.

Ditambahkan oleh Ketua Perkumpulan  BadanPendidikan Karya Bangsa Kabupaten Sintang Dr. Drs. YAT Lukman Riberu, M.Si mengatakan dari usia 13 tahun ini STKIP Persada khatulistiwa Sintang sudah menghasilkan sebanyak sekitar 2700, wisudawan dan ini adalah merupakan suatu kebanggaan yang sangat luar biasa. Dirinya juga merasa sangat bangga bahwa sudah banyak para wisudawan yang bepesan dalam pembangunan di wilayah timur Kalimantan Barat, apalagi nantinya akan terebentuknya Provinsi Kapuas Raya," kata Lukman.


Ia juga meminta agar para wisudawan/wisudawati ini dapat menjadi agen perubahan dan dapat menjadi pola pikir serta tindak di tengah kehidupan bermasyarakat, ia juga mengingatkan agar para wisudawan/wisudawati dapat menggunakan Ilmu yang telah dimiliki dengan sebaik-baiknya dan jangan sampau menempuh hal-hal yang tidak baik.

Menurutnya pada saat ini jumlah Program Studi yang ada di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang berjumlah sembilan Program Studi, dan yang sudah menghasilkan ada lima Program Studi" kata Lukman Riberu

Dirinya juga menyebutkan dalan dua tahun kedepan Kampus STKIP juga akan menghasilkan sarjana pendidikan dini yaitu guru TK maupun PAUD, dan kedepannya juga akan ditambah lagi Program-Program Studinya Seperti Program Studi Bahasa Inggris, dan Program Studi pendidikan Komputer atau Ahli ITE. "kedepannya kita juga akan membuka Program Studi yang no pendidikan, sebabkan tidak Semua orang akan menjadi guru, serta kita juga perlu untuk perubahan kedepannya Program Studi Bahasa Asing, ini sangat penting juga" jelas Lukman Riberu. Ia juga berharap agar kedepannya Kampus STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dapat berubah dari Sekolah Tinggi ke Universitas, pungkasnya.

Bupati Sintang Melalui Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Drs. Syarifudin, MM mengatakan bahwa wisuda yang di gelar STKIP persada Khatulistiwa pada tahun ini adalah merupakan angkatan ke IX (Sembilan), maka dengan demikian STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, telah mencetak lulusan Sarjana hingga ribuan ini adalah merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan. Bahkan lulusan-lususan STKIP sudah mampu bersaing baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional. 


Karena tebukti di tahun 2018 yang lalu saat penerimaan CPNS ratusan lulusan STKIP berhasil sebagai lulusan test CPNS, dan tidak hanya demikian namun STKIP juga hampis setiap tahunnya mengirimkan para Dosen untuk menempuh jenjang pendidikan S3 dan bekerjasama dengan Universitas-Universitas yang ternama baik dalam negeri maupun luar negeri.

Lebih lanjut Syarifudin mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang sangat beterima kasih atas partisipasi aktif badan pendidikan karya bangsa melalui STKIP Persada Khatulistiwa Sintang hal ini seiring dengan pembukaan UUD 1945 pada alenia ke empat mencerdaskan kehidupan bangsa hal ini sejalan juga dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sintang yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas, sehat, maju, relegius dan sejahtra yang didukung penerapan tata kelola Pemerintahan yang baik dan bersih dan sesuai dengan misi yang pertama yaitu Pemerintah Kabupaten Singang melaksanakan pendidikan yang berkualitas dan berakar pada budaya lokal,"kata Syarifudin.

Syarifudin menambahkan bahwa kegiatan belajar mengajar di kampus bukanlah hanya mencari kuntitas semat namun yang lebih penting di utamakan adalah kualitas, sebab generasi millenial di era saat ini dituntut kualitas diri untuk mampu berkompotensi dalam menjalani kehidupan. Sebab kita berhadapan dengan para pesaing kita bukan hanya di dalam negeri namun kita juga menghadapi para pesaing dari luar negeri oleh sebab itu maka di era persaingan ini kita harus hidup dengan kualitas yang tinggi,"pungkas Syarifudin.


Anggota DPRD Sintang Welbertus, S.Sos, dirinya mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisidawan/wisudawati STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang hati ini telah diwisudakan. Welbertus juga bepesan kepada para wisudawan/wisusdawati agar dapat menjasi Sarjana yang memiliki kualitas, integritas, dan kemampuan akademix yang tinggi, serta dapat menerapkan Ilmunya dengan baik dan maksimal demi mendukung Pembangunan Sumber Daya Manusia di wilayah timur Kalimanantan Barat,"kata Welbertus.

Penulis           : Andi Suriyadi
Editor/Publis : Andi Suriyadi

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *