HEADLINE NEWS


Kategori

Ribuan Masyarakat Dayak Meriahkan Pembukaan Gawai Dayak di Kecamatan Sepauk


SINTANG. Ribuan masyarakat Dayak memeriahkan pembukaan Gawai Dayak di Kecamatan Sepauk, Jumat (09/08/2019), Gawai Dayak kali ini juga merupakan yang pertama kalinya di selenggarakan di Kecamatan Sepauk, yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman, MM. Pelaksanaan Gawai tersebut berlangsung selama tiga hari dari tanggal 09 hingga 11 Agustus 2019, bertempat di lapangan Sepak Bola SMA Negeri 01 Sepauk. 

Turut hadir saat pembukaan Gawai tersebut, Sekretari DAD Kabupaten Sintang, Herkllanus Roni, SH.,MH, Camat Sepauk Chinghan, Danramil sepauk, Kapolsek Sepauk, Ketua FPD, Ketua POM Kecamatan Sepauk Kecamatan Sepauk serta Ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan Sepauk, para Kepala Desa, Tokoh Adat, para tumenggung, dan Tokoh Agama.


Ketua Panitia Gawe Dayak Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang Nurdin, S.Sos menjelaskan, bahwa kegiatan Gawai dayak yang dilaksanakan ini sebagai ucapan rasa sukur dalam segala usaha dan panen yang berlimpah, juga untuk menjalin silaturahmi. Dikatakannya dalam pelaksanaan Gawai ini, akan digelar beberapa perlombaan diantaranya, lomba lagu dayak, lomba tari dayak, lomba lukis perisai, lomba menyumpit serta kegiatan lomba lainnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Sekretaris DAD Kabupaten Sintang Herkolanus Roni, dirinya mengaku sangat bangga karena Gawai tingkat Kecamatan di Kecamatan Sepauk bisa di laksanakan dan yang pertama kalinya. Ia berharap agar Gawai Dayak di tingkat Kecamatan sepauk kedepannya dapat dilaksanakan setiap tahunnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Sintang Askiman, mengatakan bahwa kegiatan Gawai Dayak ini dilaksanakan dalam rangka menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma adat istiadat yang ada di sub suku Dayak, dalan hal tersebut dikatakannya Pemerintah Kabupaten Sintang sangat memberikan dukungan serta apresiasi kepada masyarakat Dayak secara khususnya bagi masyarakat di Kecamatan Sepauk.

“Gawai Dayak tingkat Kecamatan Sepauk yang pertama kali dilaksanakan ini mari kita jadikan sebagai kegiatan Gawai yang dilaksanakan secara rutin dalam setiap tahunnya,” beber Askiman.

Dirinya menegaskan bahwa kegiatan Gawai Dayak yang dilaksanakan ini, jangan dijadikan sebagai politisir sebagai salah satu sisi kepentingan Politik. Tetapi Gawai harus dilaksanakan dengan penuh rasa syukur yang sangat luar biasa dengan penuh damai sejahtra.

Dijelaskan sesuai dengan tema Gawai Dayak Kabupaten Sintang tahun 2019, dirinya mengajak masyarakat Dayak untuk mewujudkan rasa kebersamaan, dan persatuan, meskipun kita penuh dengan perbedaan yang ada, ia menegaskan agar perbedaan tersebut tidak menjadi pemecah belah antar sesama, tetapi hendaknya perbedaan tersebut mewarnai persatuan. (Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *