HEADLINE NEWS


Kategori

Bawaslu Kota Pontianak Didik Masyarakat Awasi Pemilu


PONTIANAK. Upaya meningkatkan pengawasan dalam penyelenggaraan Pemilu, Badan Pengawas Pemilu Kota Pontianak menyelenggarakan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama wanita berbasis kearifan lokal. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Harris Pontianak, 22/9/2019. 

Kegiatan diikuti berbagai organisasi kewanitaan yang ada Di Kota Pontianak, dengan total peserta 70 orang. Kepada Media ini dalam wawancaranya, Kadiv SDM Bawaslu Kalbar syarifah Ariana Kaswamayana menjelaskan bahwa pengawasan pemilu tidak bisa hanya dilakukan secara last minit saja atau saat kampanye jelang pemilu saja, tapi harus dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. 

“Membangkitkan kesadaran pengawasan pemilu tidak bisa dilakukan dalam waktu yang last minit saja, tetapi harus dilakukan secara terus menerus dan dikampanyekan jauh-jauh hari sebelum pemilu. Kalau dilakukan terus menerus, pasti akan terekam di memori masyarakat kita, dan kemudian masyarakat memahami bahwa politik uang itu jahat dan tidak boleh, apalagi nanti akan diperkuat dengan regulasi yang lebih ketat terkait politik uang,” Jelasnya yakni. 

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Kota Pontianak Budahri juga menegaskan bahwa walaupun pemilu sdh selesai, tapi pihaknya tetap melaksanakan sosialisasi partisipatif kepada masyarakat, tujuannya agar pengawasan tetap berkelanjutan dan kedepannya pengawasan pemilu bisa lebih baik, karena semua masyarakat sadar dan ikut berpartisipasi mengawasi jalannya pemilu. 

Ditanya terkait pengawasan pada pemilu yang lalu, ia menjelaskan bahwa, pada pemilu lalu di Kota Pontianak tidak ada terjadi pelanggaran pemilu yang sampai ke Pengadilan.

“Penyelenggaraan pemilu di Pontianak sangat baik, tidak ada tindak pidana pemilu yang sampai proses kepengadilan,” Jelasnya. (Kun)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *