HEADLINE NEWS


Kategori

Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa, Pihak Inspektorat Belum Lakukan Pemeriksaan


SINTANG, ZONATENGAH. Adanya dugaan penyalahgunaan dana Desa Di beberapa Desa yang ada di Kecamatan Kayan Hulu dan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Menanggapi hal tersebut Kepala Inspektorat Kabupaten Sintang Apolonaris Biong, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa terkait dugaan tersebut sejauh ini masih dilakukan pendalaman oleh pihak Dinas Peneberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Sintang dan belum masuk ranah pemeriksaan oleh Inspektorat.

Menurutnya kesalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan Dana Desa, disebabkan oleh kurangnya kesiapan dalam menyusun dokumentasi administrasi yang diakibatkan tingkat sumber daya manusia yang masih lemah, oleh sebab itu dirinya berharp agar para pendamping Desa dapat memberikan pemahaman kepada perangkat-perangkat Desa yang belum memahami sepenuhnya penyusunan keuangan Desa.

“Mengenai laporan tersebut masih dilakukan pendalaman untuk meyelidiki kebenaran dari laporan tersebut oleh pihak Dispemdes, dan kita Inspektorat belum lakukan pemeriksaan, ini masih di tangan pihak Dispemdes,” jelas Biong saat di temui di ruang kerjanya Kamis (30/01/2020).

Dalam hal ini menurut Biong sangatnperlu dilakuakn pembinaan kepada setiap Desa agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang menyebabkn suatu kerugian. “Kita selalu memberikan pembinaan, hal inikan kalau bekenaan dengan masalah hukum aparat hukum yang nangani kalau berkenaan dengn pembinaan pihak Inpsektorat yang menangani,” jelasnya. (Andi)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *