HEADLINE NEWS


Kategori

Jarot Resmikan Command Center dan Aplikasi Sibeji

   

Sintang, Zonatengah.com. Bupati sintang Jarot Winarno meresmikan Aplikasi SIBEJI Comnand Center yang bertempat di Kantor Bupati Sintang, Selasa (15/12/2020).

Aplikasi SIBEJI merupakan singkatan dari sistem informasi berbasis jari serta di ambil dari nama tokoh dalam cerita masyarakat Sintang (Bujang Beji) yang mudah diingat dan menjadi penguat memori budaya lokal Sintang dalam pembangunan daerah.

Tujuan di dirikan Commend Center yaitu guna terlaksananya pusat menagement data/informasi yang terintegrasi serta sistem kendali untuk memantau dan mengawasi serta menerima berbagai data dan sumber informasi berbasis teknologi, sehingga dapat merespon berbagai situasi dan kondisi secara cepat dan efektif.

Jarot mengatakan Aplikasi   SIBEJI Command Center ini sangat penting membuat Kabupaten Sintang memiliki big data/data besar, akurat, real time.

“Kita ingin suatu saat sintang ini demokrasinya berkualitas, aturan di tegakkan serta pertumbuhannya inklusif, semuanya sama-sama tumbuh, itulah cita-cita dari open Government dan mendukung keterbukaan informasi publik, sehingga semua bisa melihatnya di mana saja berada.guna tercapainya pertumbuhan yang inklusif,” terang Jarot.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Sintang, Kurniawan mengatakan peluncuran Mini Command Centre dan aplikasi SIBEJI ini adalah sebagai langkah nyata dimulainya Sintang sebagai smart city.

“Meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas, open government, serta meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi yang lebih maksimal di Kabupaten Sintang,” ucap Kurniawan.

“Kita secara bertahap mulai membangun sistem pengaduan masyarakat melalui telepon dengan nomor khusus. Nantinya akan diteruskan kepada OPD terkait. Dengan harapan akan memudahkan kita merespon laporan masyarakat dan saat ini sudah ada 22 website OPD dan 7 website instansi vertikal yang tergabung dalam Sibeji, Aplikasi ini pun sudah bisa dipasang dengan sistem operasi Android dengan mengunduhnya di Play Store,” pungkasnya. (*)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *