HEADLINE NEWS


Kategori

Desa Betung Permai Adalah Desa ke-69 dari 391 Desa Yang Di Deklarasikan Sebagai Desa ODF


 sintang. Hal Tersebut Di sampaikan Oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harysinto Linoh Saat Mendampingi Bupati sintang Dalam Rangka Kunjungan dan Pendeklarasian desa Betung Permai kecamatan Ketungau Hilir sebagai desa Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan pada Senin, (28/6/2021).

dr.Sinto memaparkan jumlah desa-desa di Sintang yang sudah mendeklarasikan sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) sudah ada sekitar 69 desa dari 391 desa, Sinto Pada kesempatan tersebut sangat mengapresiasi perangkat Desa Dan seluruh Masyarakat dalam mendukung Upaca kesehatan dengan Tidak lagi melakukan Buang air Besar di sembarang tempat.  “sebagai informasi, Desa Betung Permai, Kecamatan Ketungau Hilir ini adalah desa yang ke-69 dari 391 desa yang mendeklarasikan ODF di Kabupaten Sintang, dan saya sangat menghargai serta apresiasi kepada perangkat Desa dan seluruh masyarakat Desa Betung Permai yang sudah berusaha keras agar Desa Betung Permai ini menjadi desa ODF”, papar dr. Sinto.

sementara itu di tempat yang sama Pj. Kepala Desa Betung Permai, Musprandi mengatakan bahwa Desa Betung Permai merupakan Desa yang sangat mendukung program Pemerintah, “setiap program Pemerintah, baik itu program dari Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Pusat, kami di Desa Betung Permai selalu mendukung dan selalu memprioritaskannya, salah satunya ialah mendukung pelaksanaan program Open Defecation Free (ODF) di Desa Betung Permai saat ini”, kata Musprandi.

Lanjut Pj. Kepala Desa Betung Permai, bahwa program ODF ini disambut antusiasme masyarakat Desa Betung Permai, “dalam tahap pembangunan tempat buang air besar bagi masyarakat yang belum memilikinya, masyarakat Desa Betung Permai dan masyarakat desa sekitar saling bergotong royong untuk membangunnya, tentu ini tidak ada uang harian, ini istilahnya saling bantu membantu, dari desa yang lain juga ada yang membantu,” lanjutnya.

Musprandi menjelaskan bahwa tingkat kesadaran masyarakat di wilayah Desa Betung Permai sudah cukup bagus, “saya mendapatkan laporan dari Petugas Puskesmas Serangas, mengatakan bahwa dari jumlah 286 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Desa Betung Permai ini, sebanyak 223 itu sudah ada tempat BAB-nya dan layak dipakai, kemudian sisa 63 Kepala Keluarga (KK) itu belum memiliki tempat BAB dan masih menumpang ketempat tetangga”, jelasnya.

Dengan telah di deklarasikannya Desa Betung Permai ini sebagai desa ODF, Muspriandi mengaku kekurangan ketersediaannya air bersih, “dalam proses berjalannya program ODF ini tentu tidaklah mulus, tentu masih banyak kekurangan yang kita harapkan, kalau ada tempat untuk BAB tentu harus ada air bersih, dan sampai saat ini kami masih berharap dengan air hujan, oleh sebab itu, kami minta kepada Pemerintah Kabupaten/Pemerintah Provinsi/Pemerintah Pusat untuk kiranya dapat memberikan bantuan terkait pengadaan air bersih, seperti program PAMSIMAS atau program yang serupa lainnya”, harap Pj. Kades Betung Permai.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *