HEADLINE NEWS


Kategori

Webinar "Digitalisasi Pergerakan: Menyongsong Era Teknologi dan Startup"


Jakarta-
Menanggapi transformasi digital dan perkembangan teknologi informasi, Asosiasi Dosen Pergerakan sukses menggelar Webinar Series #1 dengan tema "Digitalisasi Pergerakan: PMII, Startup dan Teknologi" pada Rabu, 29 Mei. Acara ini berlangsung melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung di Facebook NU Pontura dan NU Khatulistiwa.

Narasumber yang hadir antara lain Khoirul Adib dari UIN Walisongo Semarang, Moh Zikky, akademisi dan dosen PENS-ITS, serta Abd. Hamas Nahdly, Direktur Digital PMII – PB PMII.

Abd. Hamas Nahdly menekankan pentingnya diskusi digital untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan digital di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya kader PMII dan masyarakat Nahdliyin. "Kesenjangan keterampilan digital masih tinggi, dan ini butuh perhatian khusus," ujarnya. Ia juga menyoroti isu etika dan keamanan digital, di mana banyak kader PMII terlibat dalam aktivitas negatif di ruang digital seperti video online dan pinjaman online.

Hamas menyebut dua fokus utama dalam digitalisasi di PMII: digitalisasi kaderisasi dan branding di ruang digital untuk merespons perkembangan digital.

Khoirul Adib, dari UIN Walisongo Semarang, mengungkapkan pentingnya peran PMII dalam mengejar ketertinggalan digital untuk menyambut Society 5.0. Menurutnya, startup sebagai perusahaan rintisan harus memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan target pasar.

Adib juga menyoroti tren startup di Indonesia yang menempatkan negara ini di urutan ke-6 dunia dalam penetrasi internet. Ini merupakan potensi besar yang perlu dimanfaatkan untuk kemandirian ekonomi, terutama di kalangan PMII.

Moh Zikky menambahkan bahwa kita kini berada di era Industri 4.0, di mana segala sesuatu terintegrasi dengan IT. "Perkembangan saat ini menuntut adaptasi dan inovasi untuk menangkap peluang pasar," ujar alumni Ponpes Nurul Jadid Paiton Probolinggo ini. Ia juga menyoroti tantangan dari perkembangan Artificial Intelligence yang menimbulkan disrupsi dan memerlukan kajian bersama.

Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian pra-harlah ke-3 Asosiasi Dosen Pergerakan, wadah bagi intelektual dan akademisi alumni PMII yang berdiri sejak tahun 2021.

Ros J.

 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *