HEADLINE NEWS


Kategori

Dalam Rangka Menjaga Kelestarian Lingkungan Pemkab Sintang MoA dengan WWF Indonesia


SINTANG – Dalam rangka meningkatkan peroses penjagaan Danau dan Pelestarian lingkungan hidup hari ini Senin 17 September 2018 Bupati Sintang Jarot Winarno bersama Ir. Irwan Gunawan Direktur Yayasan WWF Indonesia menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) tentang peruses penuyusunan Tata Ruang Kawasan Strategis di Kabupaten Sintang demi untuk menciptakan kawasan yang kondusif.

Rapat ini berlangsung di Hotel My Home Sintang, dalam kesempatan ini Bupati Sintang Jarot Winarno Mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang siap dan terbuka untuk menerima  Organisasi Non Pemerintah yang dapat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Di jelaskan Jarot bahwa Hutan yang ada di Kabupaten Sintang saat ini sebesar 1,2 Juta hektar dari totalnya 90 Juta Hutan di Indonesia,oleh sebab itu kita harus berusaha dalam menjaga kelestarian Hutan karna Hutan adalah merupakan sumber bagi kehidupan bersama, dan juga Hutan dapat di jadikan sumber bahan pewarna alami untuk tenun hasil Daerah Kabupaten Sintang salah satu contohnya ialah Tenun Ikat Suku Dayak.

Saat ini ada Banyak Desa yang mengajukan setatus Hutan untuk di jadikan Hutan Desa, Masyarakat Adat juga telah mengajukan setatus Hutan untuk di jadikan Hutan Adat, Pemerintah juga komit dalam mempertahankan Hutan untuk tidak dioalah sebagai lahan perkebunan.

“Kalau ladang berpindah itu sudah merupakan kearifan lokal Masyarakat yang tidak dapat dilarang namun kita atur secara ketat, Punkas Jarot” oleh sebab itu maka pembukaan lahan bagi Masyarakat di Kabupaten Sintang merupakan salah satu Amanat dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun  2016, tentang tentang pelestarian lingkungan hidup yang harus disusun dan diatur dalam Peraturan Bupati Kabupaten Sintang Nomor 57 Tahun 2012 telah mengakomodir kearifan lokal sedemikian rupa agar tidak terjadi bencana Karhutla. Ungkapnya.
Pewarta : Andi Suriaydi



Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *