HEADLINE NEWS


Kategori

Setda Kabupaten Sintang Beri Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS SMA Negeri 3 Sintang Periode 2018-2019

SINTANG,Setda Sintang Dra,Yosepha Hasnah.M,Si.hadiri pelatihan Organisasi intra sekolah (0SIS) SMA negeri 3 sintang di Aula sma 3 sintang,jum’at pagi (31/8/2018) Dalam paparan nya Ibu Yosepha Hasnah berpesan kepada anak anak murid SMA N 3 Sintang OSIS adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah suatu organisasiyang berada ditingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

 OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing seorang guru yang dipilih oleh pihak sekolah. ”Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS” “Ibu Setda berpesan seorang pemimpin harus mampu mengerakan semua anggota organisasi nya,tanpa peran aktif Anggota di dalam organisasi tersebut tidak akan mampu menunjang semua kegiatan yang ada di sekolah dan Menghimpun ide, pemikiran, kreatifitas, bakat dan minat siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari pengaruh negatif dari luar sekolah ”Ibu Setda mengatakan di depan para murid,bagaimana kepemimpinan dalam mengelola organisasi yaitu:

 “Mampu Mengelola Organisasi sebagai proses memanfaatkan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun sumber daya lainny”. 

“Memanfaatkan sumber daya organisasi membutuhkan rangkaian kegiatan kepemimpinan yang disiplin” dan didasarkan pada ideal-ideal organisasi itu”

 Melalui organisasi, para pelajar berlatih dan dituntut untuk mampu bekerja sama dengan orang lain. Artinya, mampu dan tahu kapan saatnya menempatkan posisi dirinya sebagai individu dan kapan harus lebih mementingkan kepentingan organisasi demi kepentingan bersama.Berhasil atau tidaknya sebuah organisasi juga sangat ditentukan oleh berbagai komponen dalam sebuah organisasi. Salah satu komponen penting dan menentukan keberhasilan tersebut adalah pemimpin.

 Para pemimpin yang baik itu dibentuk tidak dilahirkan. Jadi, jika ingin dan mau, kita dapat menjadi seorang pemimpin yang efektif. Secara Fungsional Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan khususnya di bidang pembinaan kesiswaan di sekolah, Arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, yaitu : Latihan Kepemimpinan, Ekstrakurikuler, Wawasan Wiyatamandala,

 Secara Sistem Apabila OSIS dipandang sebagai suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.Dalam hal ini OSIS Insan Cendekia dipandang sebagai suatu sistem, dimana sekumpulan parasiswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan satu organisasi yang mampu mencapai tujuan pembinaan kesiswaan di sekolah. Oleh karena itu, OSIS sebagai suatu sistem ditandai beberapa ciri pokok :

 1. berorientasi pada tujuan memiliki susunan kehidupan kelompok memiliki sejumlah peranan terkoordinas berkelanjutan dalam waktu tertentu Tujuan

 2. Menghimpun ide, pemikiran, kreatifitas, bakat dan minat siswa ke dalam salah satu wadahyang bebas dari pengaruh negatif dari luar sekolah.

 3. Mendorong sikap, jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan di antara para siswa,sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempatterselenggaranya proses belajar mengajar.

4. Sebagai tempat dan sarana untuk berkomunikasi, menyampaikan pikiran dan gagasandalam usaha untuk lebih mematangkan kemampuan berpikir, wawasan dan pengambilan keputusan.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *