HEADLINE NEWS


Kategori

Dewan Minta Prioritaskan Penggunaan Anggaran


SINTANG. Dewan Perwakilan Rakyat Daeeah Kabupaten Sintang, kembali menggelar Rapat Paripurna dalam rangka penyapaian nota keuangan dan rancangan Peraturan Daerah, tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Sintang Nomor 4 tahun 2018 tentang APBD Perubahan tentang APBD Kabupaten Sintang tahun 2019. Senin (19/09/2019) di ruang sidang DPRD Sintang.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward saat memimpin jalanya Rapat Paripurna, dirinya mengatakan sesuai agenda yang telah ditentukan, hal perlu dipahami adalah tentang pembahasan percepatan rancangan Peraturan Daerah atas perubahan Perda Nomor 4 tahun 2018 tentang APBD Kabupaten Sintang tahun anggaran 2019. 


Diakatakan Jeffray, hal tersebut guna memenuhi ketentuan Permendagri Nomor 38 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan anggaran tahun 2019.

Selain itu kata Jeffray, sesuai dengan multifungsi DPRD, dalam fungsi pembahasan dan fungsi anggaran dimana DPRD Sebagai lembaga perwakilan masyarakat dan memiliki kewajiban untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang wajib ditindak lanjuti oleh setiap Anggota DPRD dan Pemerintah Daerah sebagai mitra kerja.

Dikatakannya, dengan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018, tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota. Dan Peraturan DPRD Kabupaten Sintang Nomor 1 tahun 2018 tentang tata tertib mengatur mekanisme pembahasan oleh badan anggaran DPRD dan tim anggaran Pemerintah Daerah.

Jeffray menegaskan bahwa dengan penyampaian nota Keuangan dan Raperda dalam Rapat Patipurna ke 12 ini, sangatlah penting untuk di prioritaskan dari semua agenda.

“Sebab melalui APBD Perubahan inilah, media untuk meletakan progran yang berugensi dan mempunyai nilai yutiriti tinggi sehingga benar-benar memberikan kenyamanan dan sesuai kebutuhan masyarakat,” tutur Jeffray.

Disebutkannya, keadaan yang myebabkan saldo anggaran lebih di tahun sebelumnya harus di gunakan secara optimal ditahun anggaran berjalan, hal ini untuk mewujudkan tata kelola kinerja yang baik. Dirinya menegaskan agar penggunaan anggaran di tahun 2019 ini lebih maksimal dari tahun sebelimnya, sehingga dapat menigkatkan outkam dan output bagi pembanggunan Daerah. (Andi)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *