HEADLINE NEWS


Kategori

Disdikbud Bengkayang Gelar Diklat Bagi Kepsek Jenjang SD dan SMP


PONTIANAK. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalbar dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KSO), melaksanakan Diklat penguatan bagi kepsek Jenjang SD dan SMP se Kabupaten Bengkayang.

Kegiatan dilaksanakan di LPMP Kalimantan Barat, Pontianak  19-25 Agustus 2019. Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu itu, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang DR. Yan, S.Sos, M.S.i dengan peserta sebanyak 120 org. 80 orang merupakan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar dan 40 org Kepala SMP.

Dalam sambutannya, Kepala LPMP Kalbar Drs. Aristo Rahadi, M.Pd., menyambut baik dan memberi apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan yang diselenggarakan. 

“Saya memberi apresiasi yang tinggi kepada Kabupaten Bengkayang karena lebih dahulu dari Kabupaten lain mengimplementasikan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 Tentang tata kelola Kepsek dan Pengawas Sekolah,” Jelasnya. 

Menurutnya Kepsek saat ini memang harus memiliki kompetensi skill, yang dibuktikan dengan memilik Sertifikat, untuk itu pihak Kementerian terus berupaya mengimplementasikan Permendikbud No.6 Thn 2018.

“Pihak Kementerian saat ini, terus berupaya mengimplementasikan Permemdikbud No.6 Thn 2018 dengan mewajibkan setiap Kepala Sekolah memiliki Sertifikat, hal tersebut memang sudah resiko sebuah profesi,” bebernya.

Ditambahkan olehnya, bahwa sebuah profesi harus selalu ditunjang dengan dua hal, yang pertama harus memiliki kompetensi skill.

“Setiap orang yang menduduki jabatan Kepala Sekolah, pasti sudah memiliki skill atau keterampilan. Karena Kepala Sekolah adalah suatu profesi, maka harus ada administrasinya, yaitu sertifikat itu, dan untuk mendapatkannya Kepsek harus mengikuti Diklat 71 jam,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Bengkayang DR Yan, S.Sos, M.Si., berharap, dengan mengikuti Diklat penguatan yang diselenggarakan, para Kepala Sekolah bisa menjadi lebih tangguh, lebih unggul dan lebih terampil lagi dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Sekolah.

Kepala Sekolah memiliki peran yang sangat strategis, karena Kepala Sekolah adalah seorang Manajer dalam mengelola sekolahnya. Selain itu, Kepsek juga harus memiliki kompetensi Sosial yang tinggi.

“Kepala Sekolah juga harus memiliki kompetensi Sosial yang tinggi, Kepsek juga harus peduli dengan lingkungan masyarakat di sekitar sekolahnya. Selain itu, Kepsek juga harus bisa menjadi teladan, contoh, dalam hal bertutur kata, berprilaku, baik bagi dewan guru maupun bagi siswanya,” pesannya. (Kun)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *