HEADLINE NEWS


Kategori

Gubernur Kalbar Akan Carikan Solusi, Bagi Para Petani Pembakaran Lahan


PONTIANAK. Menyikapi terkait kebakaran hutan dan lahan dimusim kemarau ini, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan bahwa ia akan mencarikan solusi bagi petani yang melakukan pembakaran lahan, mengingat hal tersebut sudah dilakukan secara turun-temurun dan juga dilindungi Undang-Undang.

“Bagi masyarakat petani akan kita carikan solusinya, karena ini untuk masyarakat kita, apalagi membakar lahan merupakan tradisi turun-temurun dan juga dilindungi Undang-Undang,” jelas Gubernur dalam wawancaranya selepas membuka Rakor Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi se-Kalbar di H Kapuas Palace Pontianak, 8/8/2019.

Meskipun demikian menurut Gubernur, pihaknya akan melakukan pengawasan yang ketat terkait pembakaran lahan tersebut. 

“Kita akan awasi dengan ketat pembakaran lahan tersebut, Jangan dibakar, lalu die balek tidok,” tegas Midji dengan dialek Melayu Pontianaknya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh mantan Walikota Pontianak dua periode ini, bahwa membakar lahan harus terencana, teratur, ditunggu, disiapkan, “adi jangan dibiarkan,” tegasnya.

Dirinya berpesan kepada Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan agar selalu memantau, “Jadi mereka Jangan diam, lakukan pemantauan,” pintanya.

Ditegaskannya, agar dimusim kemarau ini sumur-sumur pompa yang sudah ada supaya dimanfaatkan untuk menyiram lahan, “Jangan tunggu sudah terjadi kebakaran,” pungkasnya. (Kun)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *