HEADLINE NEWS


Kategori

Sukses Bina Rohani Napi, Rutan Pun Aman Terkendali


PONTIANAK. Kepala Rutan Kelas IIA Pontianak Iwan Zaini dalam wawancaranya dengan Media ini saat berkunjung ke Kantornya, 24/9 menjelaskan bahwa dalam membina warga binaannya, ia lebih menekankan pembinaan iman para napi. Hall itu penting menurutnya mengingat para tahanan adalah orang-orang yang mempunyai problem berat dalam hidupnya.

Oleh karena itu mendekatkan mereka kepada Tuhannya merupakan program yang sangat penting. “Saat mengadakaan pertemuan dengan mereka saya katakan, Kalau diluar kalian jarang mencari Tuhan, disini kalian harus rajin mencari Tuhan, itu Mesjid, itu Gereja carilah Tuhan disitu,” jelas Karutan kepada warga binaannya. 

Dari pantauan media ini memang terdapat Mesjid, Gereja bahkan Klenteng di dalam Rutan. Selain itu ada juga klinik dan arena permain untuk anak-anak, yang bisa digunakan saat mereka berkunjung menjenguk orang tuanya. Fasilitas lainnya juga ada sebuah lapangaan yang cukup besar yang bisa untuk permainan volly ball dan permainan lainnya. Dengan pendataan-pendekatan seperti itu Iwan menjelaskan, Rutan yang ia pimpin sampai saat ini aman-aman saja.

“Mereka ini manusia, jadi pendekatannya harus secara kemanusiaan juga. Hak-hak mereka harus dipenuhi, kalau terpenuhi, alhamdulillah aman-aman saja,” jelasnya.

Terkait pembinaan secara fisik seperti penyaluran bakat dan kemampuan, memang tidak ada, “Yang penting bagaimana mereka selalu sehat, proses sidang lancar. Hal yang pihaknya tonjolkan menurut Iwan adalah terkait pelayanan cuti bersyarat, “Alhamdulilah 2018,2019 semuanya lancar,” tandasnya.

Disampaikan juga olehnya dalam kesempatan tersebut, bahwa salah satu cara yang dilakukan untuk memaksakan para napi agar rajin sembahyang, pihaknya mempersyaratkan solad sebagai salah satu pertimbangan untuk memperoleh cuti bersyarat. “Dengan begitu, alhamdulillah, mesjid selalu penuh,” tutupnya. (Kun)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *