HEADLINE NEWS


Kategori

Camat Dedai Hadiri Acara Syukuran Bersih Desa

 


Camat Dedai Halim Hartadi menjelaskan kegiatan Bersih Desa merupakan kegiatan kebanggaan yang masuk dalam program pembangunan desa berkelanjutan yang sudah di lakukan mulai dari tahun 2020 silam.

Hal tersebut di tegaskan Camat Dedai Halim Hartadi pada saat acara Syukuran “Barsih Desa” Di Balai Dusun Sido Mulyo Desa Menaong Baru Kecamatan Dedai pada 26 Juni 2021.

Pada kesempatan tersebut Halim menyampaikan acara bersih Desa ini merupakan salah satu acara adat budaya yang masih di lestarikan Oleh masyarakat nya sampai saat ini. “ini salah satu program yang diharapkan desa tanggap Budaya yang mampu menjunjung nilai-nilai luhur di desa kita nilai nilai adat budaya yang positif guna mendukung pembangunan khususnya di ruang lingkup desa kita.”jelas halim.

Sementara itu Sutikno kepala dusun Sido Mulyo mengatakan kegiatan Bersih Desa ini sudah di lakukana secara turun-temurun. “Ini kita laksanakan sudah turun temurun dari orang tua dan sesepuh kita terdahulu sejak tahun 1988 silam, setiap tahun kita laksanakan dengan mengadakan pergelaran budaya seperti Reok ponorogo, juga persembahan tari budaya dari kesenian kesenian tradisional jawa namun,sudah dua tahun ini kita tidak melaksanakan pergelaran budaya di karena kan masa pandemi covid,sehingga kita laksanakan dengan sedehana saja”. Jelas Sutikno. 

Bersih Desa riwayatnya dari Bersih Dusun, sambung Sutikno, “seiring berjalan nya waktu, karena kegiatan yang kita laksanakan berhubungan dengan budaya sehingga kita minta usulkan masuk ke ranah desa,dengan masuk ke ranah desa kita bisa menunjukan bahwa pergelaran budaya seperti ini tidak hanya milik satu suku saja namun dapat menyatukan suku dan adat budaya yang sama tidak ada perbedaan

Kami merasa bangga dengan kedatangan Bapak Bupati serta camat ke Dusun kami ini dengan harapan bisa melihat kekurangan serta bisa membantu pembangunan di duaun kami ini, khusunya dalam bidang seni dan budaya.” ungkap sutikno.

Di tengah kesederhanaan acara di tengah Pandemi covid-19, Acara Bersih Desa Tahun ini terasa spesial bagi masyarakat, mengingat Turut menghadiri acara tersebut Bupati Sintang Jarot Winarno Beserta Rombongan.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *