HEADLINE NEWS


Kategori

Forum Temenggung Sintang Berharap Pengurus Adat Bekerja Bijak


 Di sampaikan oleh Kanisius Anyuk Pengurus Forum Ketemenggung Kabupaten Sintang  Senin, 28 Juni 2021 Saat Mendampingi Wakil Bupati Sintang menghadiri acara Pelantikan Temenggung dan Tungkat Temenggung Tempunak Hulu (Nemar ke Jenang) serta Pelantikan Ketua Adat Tingkat Desa Jaya Mentari  di Dusun Serpang Desa Jaya Mentari Kecamatan Tempunak.

Dalam acara Tersebut Kanisius Anyuk Pengurus Forum Ketemenggung Kabupaten Sintang berpesan agar ketiga pengurus adat yang baru saja dilantik agar sangat berhati-hati dalam melaksanakan tugas sebagai Temenggung untuk wilayah Tempunak Hulu. “saya sudah sejak lama bertugas sebagai temenggung, sudah banyak menyelesaikan masalah dan persoalan yang terjadi. Ada banyak yang hal yang harus diperhatikan dalam mengambil keputusan. Karena inilah identitas kita orang Dayak. Kalau kita salah dalam mengambil keputusan, maka nama suku kita akan disebut. Kalau yang benar ya kita benarkan dan dia berhak mendapat kebenaran dalam masalah tersebut” tegas Kanisius Anyuk

“dalam soal pati nyawa, temenggung wilayah harus berkoordinasi dengan temenggung kecamatan. Ini menjadi masalah hukum adat yang cukup besar. Hukum adat kita di Sub Suku Seberuang yang ada di Tempunak Hulu berbeda dengan sub suku Dayak yang lain. Tidak bisa disamakan antara sub suku yang ada. Lindungi seluruh warga yang ada di wilayah Ketemenggungan Tempunak Hulu ini. Temenggung ini kan melayani dan mengabdi pada masyarakat. Soal hirarki ketemenggungan di Kabupaten Sintang ada di kabupaten, kecamatan sampai ke tingkat desa. Kepada para temenggung, jangan berpikir soal penghasilan. Karean kita melayani masyarakat” pesan Kanisius Anyuk.

Sementara itu Wakil Bupati Sintang Sudiyanto mengajak masyarakat Tempunak Hulu untuk tidak melupakan adat istiadat kita yang sudah dipelihara sejak nenek moyang kita dahulu. “selamat dan sukses atas dilantiknya Temenggung, Tungkat Temenggung Tempunak Hulu dan Pelantikan Ketua Adat Tingkat Desa Jaya Mentari yang sudah dilakukan tadi. Menurut saya, tugas ketiga orang ini kedepan cukup berat. Bekerjalah dengan penuh tanggungjawab. Tugas salah satunya adalah menjadi hakim saat memutuskan hukum adat disini. Tugas lainnya adalah menjaga adat istiadat, seni dan budaya kita” pesan Wakil Bupati Sintang.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *