Bersama Instansi Terkait Polres Melawi Laksanakan Apel Gelar Pasukan Oprasi Zebra Kapuas 2018

MELAWI - Bersama Instansi Terkait Kepolisian Resor Melawi melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Zebra Kapuas 2018", Selasa (30/10/2018) pagi. Apel gelar pasukan Operasi Zebra Kapuas - 2018 ini dilaksanakan di halaman Bhayangkara Mapolres Melawi. Dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si selaku pimpinan apel gelar pasukan dan Kasat Lantas AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P, selaku Perwira Apel serta Kanit Patroli Ipda Sutadi bertindak sebagai Danpas.

 Apel Gelar Pasukan diikuti oleh ratusan personil Jajaran Polres Melawi, anggota TNI, Dishub, Sat PolPP serta Saka Bhayangkara Polres Melawi dan dihadiri juga oleh segenap unsur Forkopimda Kabupaten Melawi dan Pejabat Utama Polres Melawi. Dalam sambutan Kakorlantas Polri Irjen Drs. Refdi Andri yang dibacakan oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si selaku pimpinan apel, disampaikan bahwa Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi "Zebra Kapuas - 2018" dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang -undangan lalu lintas guna meminimalisir angka pelanggaran serta menekan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas.

 “Operasi Zebra ini merupakan Operasi penindakan terhadap setiap bentuk pelanggaran lalu lintas. Operasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang - undangan lalu lintas guna meminimalisir angka pelanggaran serta menekan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas,” demikian dibacakan Kapolres Melawi.

 "Data jumlah kecelakaan lalu lintas pada Operasi Zebra tahun 2017 sebanyak 2.097 kejadian, mengalami penurunan sebanyak 863 kejadian turun 41% bila dibandingkan dengan tahun 2016 yaitu sebanyak 2.960 kejadian", jelasnya. Berbanding terbalik dengan jumlah laka lantas justru jumlah pelanggaran lalu lintas Operasi Zebra tahun 2017 yaitu 1.069.541 berbanding tahun 2016 yaitu 356.101 mengalami kenaikan sebanyak 713.440 atau 200%. Dengan jumlah tilang sebanyak 801.525 lembar dan teguran sebanyak 178.016 lembar pada tahun 2017 sedangkan tahun 2016 jumlah tilang sebanyak 228.989 dan teguran sebanyak 127.112.

 "Pada pelaksanaan operasi Zebra tahun 2018 ini ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yaitu pengemudi menggunakan Handphone saat berkendara, melawan arus, berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawah umur, pengemudi dan penumpang tidak menggunakan helm SNI, Pengendara menggunakan Narkoba dan mengkonsumsi minuman keras (mabuk) dan terakhir berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan," katanya.

 Dalam kesempatan tersebut Kapolres Melawi mengajak seluruh stakeholder besenergi mengatasi permasalahan lalu lintas. "Guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas. 

Oleh sebab itu, diperlukan koordinasi bersama antara instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memilihara kamseltibcar lantas, sehingga terciptanya keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas, ungkapnya. Apel gelar pasukan Ops Zebra Kapuas 2018 dirangkaikan dengan penyematan pita Operasi kepada perwakilan dari unsur TNI, Polri, Dishub dan Sat PolPP. 

 Penulis : Oktavianus 
Editor : Alfian Nurnas / Nanang. P 
Publish :Andi Suriyadi

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *